Trik & Tip Menangani Cartridge Printer yang Bermasalah

Pernahkah Anda menemui masalah printer yang normal tetapi tidak bisa mengeluarkan tinta saat digunakan? Jika pernah maka ini mungkin bisa menjadi salah satu cara kita untuk menangani masalah pada printer. Jika printer tidak bisa mengeluarkan tinta maka kemungkinan yang pertama adalah karena bermasalah pada cartridge. Masalah ini juga yang sedang dihadapi oleh saya.

Kasus ini biasanya ditemui karena cartridge menjadi karing karena telat diisi tinta atau bisa juga karena cartridge berisi tinta tetapi lama tidak digunakan, sehingga bagian head dari cartridge tersebut menjadi kering. Jika tinta pada bagian head itu kering maka akan menyumbat keluarnya tinta.

Terus bagaimana penanganannya jika kita menemui hal tersebut? Apakah harus beli cartridge yang baru? Tentu cara ini boros biaya. Apakah harus dibawa ke tukang reparasi printer? Cara ini juga masih boros. Ternyata ada sedikit tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menangani masalah tersebut dengan biaya yang sangat murah, bahkan tanpa biaya. Terus bagaimana carannya? Langkah sederhananya sebagai berikut:Tentu langkah yang paling awal adalah melepas cartridge tersebut dari printer. Saya yakin Anda tidak akan menemui masalah pada langkah pertama ini.

1. Siapkan mangkuk atau gelas atau tempat yang lain yang sekiranya bisa untuk menampung air.

2. Sediakan air panas, kemudian letakkan pada wadah tadi.
3. Celupkan head cartridge pada air yang hangat tadi berulang kali sampai warna air menjadi hitam karena tinta yang larut pada air.
4. Sediakan tisu atau kapas putih untuk mengelap bagian bawah head tadi sekaligus untuk mengecek apakah head tersebut masih macet atau tidak. biasanya air panas bisa berubah warnanya menjadi warna tinta dari catridge tsb.
5. Biasa terjadi cartidge menjadi kering apabila terlalu lama tidak digunakan dalam jangka panjang.
6. Jika setelah dicelupkan berulang kali belum juga lancar, silahkan ganti dengan air yang baru sampai kotoranya keluar dan kembali menjadi lancar.
7. Kemudian lap bagian bawah catridge dengan tisu apakah sudah keluar tinta apa belum, jika sudah keluar tintanya berarti catridge sudah bisa di gunakan.
8. Setelah dirasa cukup, silahkan coba pasang cartridge tersebut. Tapi usahakan dibersihkan dulu dengan tisu sebelum dipasang untuk menghindari konsleting.
7. Jika belum berhasil juga berarti terpaksa harus di lem biru atawa lempar beli baru. heheheehe…just kidding.

Demikian dan semoga Sukses.