Tentunya banyak dari anda yang menanyakan ” Apa sih cara agar laptop kita tetap awet?” Kali ini saya akan membagikan tips tersebut buat kalian semua. Tips ini saya peroleh dari berbagai sumber.
Saat ini penggunaan laptop sudah cukup banyak tapi pasti tidak sedikit orang yang paham cara penggunaan laptop yang baik . Ada beberapa tips di bawah ini dan tips ini menurut saya sih sangat bagus untuk pengguna laptop yang sering memakainya secara berlebihan :

Cara menghemat baterai Laptop

1. Redup Layar
Layar/Screen adalah salah satu daya/arus laptop yang paling kuat menyedot Baterai.

2. Mengubah Pengaturan Daya
Jika Sobat menggunakan Windows Vista hadir dengan beberapa fitur kekuatan yang menyedot Arus yang besar, yang memungkinkan Anda untuk menambah dgn susah payah agar performa terbaik dapat terwujud.

3. Matikan Wi-Fi
Salah satu baterai sappers adalah kemampuan jaringan nirkabel yang di rancang khusus buat laptop.Banyak laptop memiliki fungsi tombol yang memungkinkan anda untuk menonaktifkan Adaptor nirkabel secara manual.Jika hal ini terjadi, cukup pergi ke Control Panel, mengakses menu dan Jaringan Sambungan menonaktifkan koneksi nirkabel Anda secara manual.

4. Nonaktifkan Periferal
Menggunakan USB peripheral dapat mengajukan emigrasi besar di sistem anda,Stick USB, mouse dan webcam yang umum offenders, jadi menyalin semua informasi di seluruh perangkat dan mengeluarkan arus secepat mungkin, dan meletakkan dengan laptop anda atas lagu pads mouse USB. Banyak laptop memiliki fungsi tombol untuk menonaktifkan built-in webcam.

5. Eject Disk Drive Anda
Jika sobat tidak lagi menggunakan USB (Flashdisk) dan memasukkan CD (Compact Disk) sebaiknya di Remove/Reject untuk mengurangi pengeluaran Arus listrik.

6. Menambah Beberapa Hardware Yang Mendukung Dan Dapat Menyimpan Arus Lebih Lama.
Jika anda perlu menggunakan laptop anda bekerja sepanjang hari, Anda akan memerlukan bantuan. Kebanyakan laptop pabrikan hanya menyediakan enam sel baterai, tetapi banyak produsen menawarkan delapan-atau bahkan 12-sel opsional upgrade, yang memiliki daya ganda Listrik. Alternatif untuk baterai laptop mahal adalah produk seperti Philips Portable Power Pack, yang akan memberikan nilai ekstra jam untuk semua perangkat. Philips yang merupakan unit yang kompak baterai yang paling adaptors untuk laptop dan ponsel, yang cukup portabel untuk ditempatkan di saku celana sobat

7. Menonaktifkan Fitur
Windows Vista memiliki beberapa fitur built-in, namun banyak memakan arus listrik pada sistem yang tak perlu ketika sobat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.Gunakan Cara sederhana mematikan Windows Aero dan Windows Sidebar.

Tips lainnya untuk keawetan laptop dan software :

1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.
Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

2. Jangan letakkan laptop di lantai.
Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.
Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.

5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.
Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.
Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop.
Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.
Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

9.Gunakan laptop anda ditempat yg lebih bebas (terbuka) agar suhu laptop trs tidak terlalu panas…

semoga bermanfaat .